istilah istilah penting

Kamis, 01 Oktober 2009

MPEG
MPEG (motion Picture expert group) adalah nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan setandar pengkodean citra bergerak (seperti: video) beberapa standar yang di kembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3.

GPRS
Kepanjangan dari General Packet Radio Service. Merupakan layanan data Mobile yang disediakan bagi para pengguna Global System for Mobile Communications (GSM). kecepatan transfernya berkisar antara 56-114 kilobyte per second (kbps) biasanya biaya penggunaan GPRS di hitung berdasarkan hitungan perkilobyte, berbeda dengan jenis yang lebih tradisional yang masih menggunakan hitungan permenit. Ponsel yang menggunakan jaringan 3G lalu menggabungkan teknologi GPRS, yang sering disebut 3.5G

GPS
Kepanjangan dari Global Postioning System, sistem navigasi yang menggunakan 24 satelit MEO (Medium Earth Orbit atau Middle Earth Orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi, dan mampu mengelilingi bumi 2 kali dalam 24 jam. Satelit GPS terus-menerus mengirimkan sinyal radio digital yang mendukung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS di lengkapi dengan jam atom dengan ketetapan satu per satu juta detik. Berdasarkan informasi ini, stasiun penerima mengeahui berapa lama waktu yang di gunakan untuk mengirim sinyal sampai kepenerima di bumi. Semakin lama waktu yang di gunakan untuk sampai kepenerima di bumi. Semakin lama waktu yang di gunakan untuk sampai kepenerima, semakin jauh satelit dari stasiun penerima. Dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui satelit berada pada posisi tertentu dan pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit.

MicroSD
Format flash memory super kecil yang di rancang berdasarkan format memory card ScanDisk Transflash. MicroSD biasanya di gunakan di telepon selular, tetapi karena kapasitasnya yang bertambah besar, MicroSD mulai di gunakan pada perangkat digital lainya, seperti GPS portable MP3 Player, dan drive flash atau flash disk memory berbasiskan USB. MicroSD ata uTransflashmulai banyak di gunakan oleh vedor-vedor terkenal dunia, di karenakan bentuknya yang kecil, serta kapasitasnya yang besar. Sayangnya, karena bentuknya yang kecil, memory card jenis ini mudah hilang, dan perawatanya harus lebih hati-hati.

LCD
LCD atau kepanjangan dari Liquid Crystal Display adalah salah satu jenis display yang menggunakan Liquid Crystal sebagai media refleksinya. LCD sudah di gunakan di berbagai bidang. Sebagai contoh monitor, TV, Calculator. Pada LCD berwarna semacam monitor terdapat puluhan ribu pixel. Pixel adalah satuan kecil di dalam suatu LCD. Pixel-pixel yang brjumlah puluhan ribu inilah yang membentuk suatu gambar, dengan bantuan perangkat controller yang terdapat di dalam suatu monitor.

MP3
MPEG atau Audio Player 3 atau yang biasa di sebut dengan MP3 adalah format digital audio yang paling populer di dunia, dan Lossy Compression Format di temukan dan di standarisasi pada tahun 1991, oleh sebuah tim yang di pimpin oleh Faunhofer Society di Jerman. MP3 di buat untuk mengurani atau mengkompresi data audio yang di butuhkan, dengan suara yang di produksi audio seperti belum di kompresi sebelumnya. Dalam pemakaian umum, MP3 juga biasa di sebut format dari musik atau audio recording yang di simpan dalam format MP3 di komputer.

MPEG-4
Di perkenalkan pada akhir tahun 1998, merupakan sebuah nama dari sebuah group coding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan, dan di setujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, Video Phone, dan TV Boardcast.

TFT
Yang biasa di sebut Thin Film Transistor adalah sebuah teknologi Field Effect Transistor yang di buat berdasarkan penumpukan Thin Flm untuk metallic contacs, lapisan aktif semikonduktor, dan lapisan dielectric. Anne Chiang, seorang Taiwan-Amerika, di puji di karenakan memnerikan perkembangan yang baik dalam pengembangan teknologi TFT. Kebanyakan dari TFT bersifat tidak transparan, tapi elektroda dan interkoneksinya dapat transparan. TFT transparan pertama berbasiskan zinc oxide dan di laporkan pada tahun 2003 juga telah di teliti oleh Oregon State University. Aplikasi yang sering kita ketahui dari penggunaan TFT adalah pada teknologi TFT LCD, sebuah carian dari LCD. Transistornya tergabung dalam panel, mengurangi sistori antara setiap pixel, dan meningkatkan stabilitas gambar. Pada tahun 2004, kebanyakan LCD menggunakan teknologi TFT.

WAV
Kependekan dari format audio Waveform, WAV adalah format audio yang di kembangkan bersama-sama oleh Microsoft dan IBM, dan sebuah standar audio untuk penyimpanan di komputer. WAV merupakan varian dari RIFF Bitstream Format, sebuah metode untuk menyimpan data di “chunks” dan juga menutup format IFF, dan AIFF format yang di gunakan oleh Macintosh

BLUETOOTH
Teknologi informasi tanpa data (wireless) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicenced ISM (Industrial, Scientific, and Madical), dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data da suara secara real-time antara host-host Bluetooth, dengan jarak jangkau layanan yang terbatas. Bluetooth sendiri dapat berupa card yang bentuk dan fungsinya hampir sama dengan card yang di gunakan untuk wireless local area network (WLAN), dimana menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11. Hanya saja pada bluetooth mempunyai jangkauan jarak layanan yang lebih pendek, dan kemampuan transfer yang lebih rendah.

HSDPA
High-Speed Downlink Packet Accsess adalah Poritocol generasi ketiga (3G) untuk komunikasi data pada Mobile Phone. Masih termasuk dalam High-Speed Packet Accsess (HSPA), yang memungkinkan berbagai jaringan Universal Mobile Telecomunications Systems (UMTS) untuk mentransfer data yang lebih cepat dengan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Keyboard QWERTY
QWERTY adalah Susunan tombol huruf pada keyboard yang paling banyak di gunakan pada keyboard terkini. Awalnya, susunan huruf ini di gunakan pada mesin ketik mekanis. Tujuan utamanya adalah untuk meminimalkan kemacetan mekanis akibat kecepatan mengetik. Nama QWERTY di ambil dari susunan 6 huruf yang terletak pada bagian kiri atas keyboard. Susunan keyboard ini di patenkan oleh Christoper Sholes sejak tahun 1874, kemudian di jual ke Remington, produsen mesin ketik pada masa itu.

BACK-UP
Menyalin isi suatu disk pada media lain seperti: Floppy Disk, Magnetic Tape, Optical Disc, External Harddisk, dll.

JAR
Merupakan Executable Launcher yang di miliki oleh Java. JAR nerupakan sekumpulan file java yang di satukan. Yang di kelompokan biasanya adalah file class untuk launchernya, dan manifest untuk keterangan class utama yang di jajalkan.

SINGKRONISASI
Proses replikasi file dengan membandingkan perbedaan file di antara kedua file sumber dan target, berdasarkan update atau perubahan terbaru, dan menyamakan isi keduanya berdasarkan Opsi tertentu. Singkronisasi dapat di lakukan satu arah atau dua arah.

ZIP
Standar kompresi data yang paling populer, di ciptakan oleh Phil Katz pada tahun 1989. dengan kompresi data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau alat transfer apapun akan lebih efesien. File-file ZIP dapat di kompresi dengan berbagai macam program freeware/shareware, seperti WinZip, BOMArchiveHelper, Stufflt, KGB Archive, PicoZip, InfoZip, WinRAR, IZArc, 7-Zip, AIZip, TUGZip, PeaZip, ZipGenius, dan Universal Ex-ctractor. Win-Zip juga mampu melakukan proses kompresi dengan standar ZIP.

FOLDER
Metafora dari folder file yang biasanya di gunakan di perkantoran. Digunakan pada hampir seluruh Operating System modern dengan icon yang secara visual, sangat menyerupai folder visik. Microsoft Windows menggunakan konsep folder khusus seperti folder personal user untuk membantu user mengategorikan konten pada system dengan konsisten.

WWW
Word Wide Web, salah satulayanan diinternet yang menyediakan ruang informasi global, yang dapat di akses menggunakan web browser. WWW sering di salah aritkan sebagai (atau di anggap sinonim dari) internet itu sendiri. Padahal WWW hanyalah suatu dari sekian layanan (service) lainya yang beroperasi di internet, seperti e-mail, chat, dan instant messaging. WWW di kembangkan oleh W3C

0 komentar:

Posting Komentar